Selamat Hari Ibu!

Sedari pagi timeline sosmed sudah dipenuhi dengan berbagai foto “Anak Bareng Emak rangkul-rangkulan mesra” dengan berbagai caption yang mengharu biru bertemakan “Terima Kasih Emak, You’re the best!”. Weleh 0_0 sebenarnya ada apa hari ini? Gue ketinggalan berita apaan?

Selamat Hari Ibu

Ternyata oh ternyata, setelah cek kalender dan wikipedia, barulah saya sadar kalo hari ini ternyata merupakan Hari Ibu Nasional yang merupakan hari penting bagi para emak-emak se-Indonesia, dimana pada hari ini yang merasa punya ibu rasanya kurang afdol kalo ga ikutan mengucapkan “Selamat Hari Ibu” sebagai ucapan terima kasih kepada emak yang sudah rela mengasuh kita dari kita masih bayi hingga sekarang udah pada gede. Yah walaupun sebenernya harusnya ucapan terima kasih itu ga setahun sekali diucapkan tapi mustinya setiap hari, tetep aja biar kekinian upload ucapan terima kasih di sosmed kudu dilakukan biar ga dicap durhaka sama orang-orang -eh- #maafbukanbermaksudnyindir #akumahapaatuh #kaliansemuasuciakupenuhdosa.

Ngomong-ngomong soal jasa-jasa ibu, kalo diinget-inget lagi pengorbanan beliau ngasuh kita dari kecil sampe dewasa emang ga bakal habis dibahas. Mulai dari kita numpang hidup di perut beliau deh, kita udah bikin susah dengan membuat beliau mual-muntah tiap pagi, tapi dengan semangat 45 doi tetep maksain  makan demi menghidupi kita yang lagi ngendon di rahimnya walau musti sambil nangis-nangis nahan mual (-eh- maaf jadi curhat pemirsa setanah air XD).

mual-hamil-muda

Jelang kelahiran, beliau pun rela bawa-bawa perut segede gentong yang super berat sambil beraktivitas. Itupun beliau masih bisa tersenyum  hanya dengan membayangkan kelahiran kita ke dunia nantinya. Sang ibu pun rela menempuh batas hidup-mati saat melahirkan kita, melalui berjuta-juta rasa sakit yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Semua dilalui hanya demi bertemu kita. Gue jadi inget pas gue ngelahirin anak gue sendiri, denger suara tangis bayi kita sendiri tuh tanpa sadar langsung mengeluarkan air mata bahagia :’) Pastinya sama dengan apa yang banyak ibu-ibu lain rasakan setelah berjuang 9 bulan dan berhasil melahirkan anak yang sudah ditunggu-tunggu kedatangannya.

Namun ga berhenti sampe disitu aja, beliau masih harus berkorban mengasuh kita yang masih bayi sambil nahan rasa sakit pasca melahirkan yang rasanya alamak aduhai semrohay! Ga bisa diungkap dengan kata-kata… Bayangin aja udah musti timang-timang bayi, mandiin bayi, gantiin popoknya dan pekerjaan emak-emak lainnya sampai kurang tidur padahal kondisi sendiri aja belom stabil. Belom lagi musti stok kesabaran luar biasa demi menghadapi kenakalan kita pas remaja, sampe gede pun kita masih suka ngerepotin beliau dengan masalah-masalah kita. Huaah! Wajar kalau Tuhan menempatkan posisi seorang Ibu di posisi yang sangat mulia di mataNya, karena memang super duper amat sangat melelahkan dengan pekerjaan yang beraneka ragam dan ga ada habisnya!

super mom

super mom

Gue pribadi setelah ngerasain sendiri gimana repotnya mengandung dan mengasuh bayi pasca melahirkan, baru kerasa deh semua pengorbanan emak selama ini. Subhanallah! Bener-bener berat dan penuh DRAMA! Mungkin gue bakalan bisa gila kalo ga ada emak sebaik emak gue dan suami sehebat suami gue yang selalu setia mendampingi di kala kondisi badan dan mental udah susah diajak kompromi. Penderitaan kaya mabok pas hamil, kaki bengkak, badan pegel-pegel ternyata belom seberapa dibanding sama sakit pasca melahirkan yang berhasil bikin kewarasan hilang entah kemana :’D Mata sepet bengkak karena nangis seharian musti nahan sakit sedangkan kita udah harus ngurus bayi kecil yang selalu minta digendong, minta susu dan minta diganti popoknya ga mandang jam berapa saat itu, mau kita lagi tidur nyenyak di tengah malem, atau lagi khusuk nongkrong di kamar mandi, berhasil bikin gue STRESS BERAT. Ngurus anak itu seakan-akan ga ada istilah “pause” nya. Ini aja gue masih dibantuin ama emak gue, gimana kalo gue musti hidup kayak emak gue dulu yang udah tinggal jauh dari orang tua setelah menikah! Daaaan, doi mengurus semua urusan anak sampai urusan rumah tangga mulai dari nyuci, masak, bersihin rumah SENDIRIAN tanpa ada yang ngedampingin! Alamaak…. kalo gue udah nangis bombay sambil jedotin kepala ke tembok tiap hari pasti… #nangisdipojokan

shower-mom-meme1

Setelah Punya Anak, Lu Bakal Ngerasain Kalo Bisa Mandi Itu Merupakan Nikmat Tuhan yang Luar Biasa! Makanya Mumpung Single jangan Males Mandi!

6-73992-mm_mommeme9-1406156059

Liburan Ke Hawaii? Ga butuh yang Muluk-Muluk, Bisa Istirahat sejenak dari Urusan Rumah Tangga aja Udah Bersyukur :’D

Maka itulah, sekarang ini, setelah gue ngerasain gimana repotnya ngurus anak, gimana besarnya pengorbanan seorang ibu baik materi, waktu, raga dan jiwa demi membesarkan  kita, membuat gue sadar untuk sebisa mungkin menghindari kebiasaan membantah emak gue dengan hal-hal yang ga penting. Kebayang dulu masih suka ngelawan, begitu punya anak baru sadar kalo ga ada emak bisa apa gueee? Salut sih sama emak-emak yang bisa komitmen full time jadi ibu rumah tangga, ngurus semua urusan anak sama suami tanpa peduli sama kejenuhan yang melanda, secara kalo udah punya anak udah ga bisa lagi tuh “me time” nyantai-nyantai meni pedi cantik, bisa tidur cukup aja udah bersyukur!

busy-mom-meme super-mom

Tapi bener kata-kata emak, capeknya ngurus anak itu ternyata bisa terbayarkan dengan melihat kelucuannya setiap hari :3 Lihat anak dengan muka imut-imut berpipi gembil dan tumbuh dengan sehat udah cukup membuat hati seorang ibu bahagia. Cukup dengan melihat anak bisa hidup senang, jadi manusia berguna, berkecukupan di masa depan, udah cukup membuat seorang ibu merasa pengorbanannya ga sia-sia.

My Lovely Child

My Lovely Child, Tumbuh Sehat Selalu Yaah :-*

Jadi buat anak-anak di seluruh dunia yang masih bandel sama ibunya, mulai sekarang coba deh buat kurang-kurangin, sebelum nanti nyesel. Mumpung orang tua masih sehat, masih hidup, kita masih bisa ngeliat mereka dan manja-manjaan sama mereka. Walau belum bisa balas jasa mereka satu-persatu, setidaknya mulai mikirin cara bahagiain mereka sampai hari tuanya tiba. Misal dengan mulai cari jodoh dan ngasih cucu lucu buat mereka XD #ngakaksgulingguling

Haizz, ga kerasa ternyata udah mau menjelang tengah malam, daripada makin ngalor ngidul ini bahasan, mari kita akhiri pembahasan ini dengan ucapan “I LOVE YOU FULL MOM!”, semoga mama selalu sehat dan diberikan kebaikan dunia akhirat oleh Allah SWT! Jasa-jasa mama yang ga bisa aku tebus biar Allah SWT yang membalasnya dengan segudang pahala berlipat ganda, Amiiiin….

mama tercinta

Sekali lagi, Selamat Hari Emak untuk semua emak-emak di Indonesia! Buat mama-mama muda yang baru mulai menjalani hari-hari sebagai emak, gue ucapkan SEMANGAT menjalani babak baru dalam kehidupan yang lebih menantang dan menyenangkan dengan kehadiran si kecil 😉 Semoga kita semua, baik itu full time mom atau mama-mama yang nyambi jadi wanita karir, diberi kemudahan oleh Allah untuk bisa menjalani peran ibu ideal sebaik mungkin, dan semoga anak-anak kita semua bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bermanfaat bagi sesama  yaa, Amiiiin!

-Salam Hangat-

Emak Muda yang Masih Butuh Banyak Belajar Mengenai Kehidupan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s