DIY: Bikin Foto Prewedding Sendiri dengan Photoscape!

Married-Officially-Off-The-Market

Finally, I’m officially married!

Bagaimana rasanya? Hmm, it’s actually fantastic, exciting tapi sekaligus juga membuat gue lebih tenang dan merasa damai. Mengetahui diri kini sudah memiliki teman hidup yang Insya Allah untuk selamanya, yang akan selalu menjaga dirimu dari hal-hal buruk di luar sana dan mencintaimu sepenuh hati tulus karena cintanya kepada Allah, membuat gue sangat bahagia, jauh lebih bahagia sekarang ketimbang masa-masa penuh kegalauan dulu… hahahaha.

Selain belajar banyak hal termasuk bagaimana belajar untuk menjadi lebih dewasa, mandiri dan bagaimana menjadi istri yang baik demi menciptakan keluarga yang selalu rukun dan harmonis sesuai bimbingan Islam, berkat persiapan pernikahan, gue juga jadi belajar sedikit ilmu editing foto! Yeaaaaaaaaaaaaah!

Lah? Emang buat apaan?

confused face anime

Sesungguhnya… biaya membuat foto PreWed pakai jasa orang itu memang lumayan mahal menurut gue. Mulai dari biaya studio fotonya, cari busananya, cari yang tukang make upnya, sampe cari biaya fotografernya. Kalau paketan paling murah tiga jutaan. Hmm… Tiga jutaan itu sangat berharga buat gue dan husband kala itu dimana bisa buat nambah nambah biaya nikah. Wakakakaka. Oleh karena itu, berhubung hasrat gue yang ingin kekinian dengan membuat foto PreWed tidak bisa dibendung, alhasil otak pun mulai dipaksa untuk kreatif mencari cara. How to make PreWedding Photo with a cheap price???? No…. I think I need FREE COST PREWEDDING PHOTO ! (Pelitnya mulai keluar 0_0)

Aaaaah….. So grateful Google help me a lot… Akhirnya gue menemukan software super ajaib bin gampang sekaliiii dipakai untuk menyulap foto-foto biasa aja menjadi lumayan professional. Yep, that’s called Photoscape.

Tips Membuat Foto PreWed dengan Photoscape

Lalu apa aja sih yang bisa dilakuin sama Photoscape ini untuk mengubah foto plain milikmu menjadi amazing seperti di majalah-majalah? Banyak! Kita bisa edit foto kita dengan berbagai macam filter layaknya di Instagram, terus bisa edit banyak foto dan digabung dalam satu frame sekaligus dengan format berbeda-beda sesuai pola frame yang udah disediakan. Contohnya kaya yang udah akyu buat nih disini :3 (pamer ceritanyaa)

PreWedding Photo 1Ga hanya itu dikau juga bisa membuat sedikit manipulasi sederhana seperti layaknya aplikasi Photoshop, seperti efek blur atau mozaik pada beberapa bagian foto, nambahin tulisan dengan berbagai macam gaya, dan bahkan bisa nambahin stiker-stiker unyu-unyu di berbagai sudut foto. Iyaaa, unyu unyu!!! Bikin fotomu jadi kaya foto-foto remaja alay yang gahool banget gitu dech :3 hohohohoho (rrrghhhh…. tiba tiba mual =_= maap pemirsa sekalian).

Mungkin bisa liat sekilas screenshot menu untuk editing fotonya berikut ini.

Photoscape Screenshot

User interface software ini terbilang gampang sebenernya sehingga kalian bisa eksplor sendiri tanpa butuh tutorial komprehensif kaya photoshop. Tinggal asal pencet tombol juga keliatan nanti fungsi masing-masingnya buat apa. Tapi mungkin buat pemula, yang perlu diperhatiin itu pertama adalah kegunaan dari setiap menu paling atas, dimana kalau mau edit foto satuan kamu bisa klik menu Editor. Kalau mau edit banyak foto digabung jadi satu kamu bisa pilih menu Page atau Combine. Kalau mau edit satuan beberapa foto sekaligus dalam satu layar tanpa harus bolak balik pindah menu, mending langsung pilih Batch Editor. Abis itu bisa langsung coba-coba sendiri deh menu didalamnya dan menggunakan kreasi sendiri untuk bikin foto yang bagus :3

PreWedding Photo 3

Akhirnya Jadi Juga…Prewed Murmer Rasa Internasional…. Halaaaaaah

Gimana??? Lumayan bagus kan hasil foto Pre Wedding murah meriah ini??? Cuma modal kamera smartphone yang jernih, tempat foto yang bagus, temen/sodara/kakak yang mau disogok eskrim buat bantuin jadi fotografer, busana seadanya (yang lo punya aja, yang penting masih keren dipake), sama aplikasi editing bangsa Photoscape, akhirnya jadi juga kan foto PreWed tanpa harus keluar uang jutaan? Sebenernya asal pinter milih lokasi foto yang yahud, sama kreativitas lo buat ngedit-ngedit, foto keren idaman pun bisa diwujudkan. Asyiknya, ngedit foto sendiri tentunya bisa sesuai banget sama keinginan jadi pas banget di hati!

Terus, Gimana Cara Pakenya?

Menu PhotoScape

Kalau kamu penasaran gimana cara ngedit pake PhotoScape ini, mungkin daku bisa gambarkan sedikit basic-basicnya. Pada foto PreWed yang udah aku bikin di atas, itu sebenernya cuma butuh sedikit editan aja sih, dimana kebanyakan cuma pake menu yang ada di tab Home seperti Film Effect dan Filter untuk bikin foto dengan berbagai efek seperti Instagram, Bloom dan Bright Color untuk bikin kualitas foto lebih cerah atau gelap, Sharpen untuk bikin kualitas foto jadi lebih tajam serta pilihan berbagai macam Frame untuk pinggiran bingkai foto yang keren dimana kalau pada screenshot di atas “Note 01” adalah salah satu pilihannya yang bikin foto kamu seperti buku notes.

PreWedding Photo 4

Terus masuk ke tab kedua yakni Object,

Menu PhotoScape

Disini kamu bisa nambahin stiker-stiker lucu, tulisan, atau objek-objek lain yang dibutuhkan. Nah disini silakan bikin apapun yang kalian suka dan padu padankan sesuai kreativitas ke dalam foto. Mungkin bisa bikin Quote romantis yang menggambarkan hubungan kalian berdua terus ditempelin stiker-stiker lope-lope, atau bikin gombalan norak ala Sule sama Andre juga boleh 😛

Beralih ke fungsi pada tab ketiga, Crop!

Menu PhotoScape

Terkadang, angle foto yang diambil pake kamera smartphone oleh kakak/teman/sodara yang sudah kita percaya sebagai fotografer professional untuk membuat foto PreWed kita memang tidak selalu berakhir indah. Entah itu karena doi ngambil fotonya kejauhan sampe kita ga keliatan sama sekali, atau malah kedeketan sampe jerawat ama upil kita jadi keliatan semua. Apalagi kalau udah kena silau-silau dan panasnya sinar matahari, pasti bikin kakak/temen/sodara kita itu jadi aus, ga konsen, dan kehilangan daya konsentrasi. Akhirnya kita pasti harus cari pocari sweat atau Aqua buat bikin doi bisa fokus lagi. Eh… Bukan! Maksud saya butuh fungsi Crop foto untuk mengambil angle terbaik dari foto yang ada. Nah oleh karena itu bersyukurlah, karena Photoscape udah nyediain fungsi ini yang bisa kamu akses pada  tab ketiga menu Editor. Akhirnya masalah muka kamu kejauhan di balik pohon pun kini bisa terselesaikan dengan mudah dengan memotong bagian-bagian foto lain yang ga penting buat kamu! Voilaaa, huplaa! Fokus foto jadi ke kamu lagi deeeh (Jingkrak-jingkrak ga jelas)

Before & After CROP

Nah masuk ke menu terakhir nih dari semua menu utama Editor, kamu bisa pakai menu Tools untuk memanipulasi sedikit dari beberapa bagian yang ada di foto kamu.

Menu PhotoScape

Fungsi-fungsi yang terdapat pada menu Tools ini terbukti sangat bermanfaat untuk foto PreWed yang udah gue bikin. Pada menu ini kita bisa menggunakan efek efek ngeblur pada beberapa bagian yang ga bisa di crop dimana bikin pemandangan jadi ga bagus. Contoh: kumpulan orang-orang lewat di belakang!

Emang sih, salah satu kendala saat pemotretan di lokasi (ciaelaaah bahasanyaa) adalah sulitnya mencari spot private untuk sekedar berfoto tanpa gangguan orang lewat, terutama kalo kita berfoto di tempat umum. Ga lucu kan kalo misalnya hasil foto prewed kita tiba-tiba ada makhluk asing tak dikenal ikutan pose di belakang? 😛

PhotoBombs

Photobombed by… Shark…. 0_0

So, if you can’t get rid of them with simple Crop, and you don’t have that high level skill of photoshopper yet to make them dissappear, my advice to you is BLUR all of them mercilessly! Tanpa pandang bulu! muahahahahahahaha….

Anime Laughing

Untuk melakukan blurry effect secara manual di beberapa bagian tertentu saja, kalian bisa pakai menu Effect Brush yang bekerja seperti kuas dimana hasil sapuannya bisa diubah-ubah dari Blur, Jitter, Sepia, Mosaic dll sesuai kebutuhan. Mantap!

PreWedding Photo 2

Effect Brush menggunakan mode Jitter, berhasil membuat sekumpulan orang lewat di belakang menjadi seperti Lukisan Picasso…. B-) Hmm Kayanya sih Mirip 0_0

PreWedding Photo 2

Effect Brush menggunakan mode Blur di bagian belakang dan rumput bagian bawah, ceritanya mau dibikin kaya bentuk Love gitu deeh supaya romancisss :3

BONUS TUTORIAL

Bagi kalian yang pingin bikin undangan digital dalam bentuk .gif atau gambar bergerak sebenernya bisa juga pake PhotoScape ini. Jadi kalau kalian rajin, kalian bisa bikin slide foto yang bergerak sendiri supaya undangan kalian terlihat lebih menarik. Buat bikinnya gampang banget sih, nyok lihat gambar screenshotnya di bawah enih :3

Photoscape Screenshot

Pada bagian paling kanan terdapat kumpulan foto yang sudah kalian edit. Anggaplah kita mengambil empat buah foto dan meletakkannya di timeline sesuai urutan frame yang mau dijadikan film untuk gambar bergerak kali ini. Kalian bisa drag semuanya langsung dari folder yang diinginkan ke timeline yang terletak di paling atas layar. Pada timeline kalian juga bisa kok menggeser-geser urutan foto untuk menentukan foto mana saja yang akan tampil duluan.

Abis itu coba mampir ke menu sebelah kanan layar, dimana kamu bisa ubah pergantian gambarnya tiap berapa detik menggunakan menu Change Time. Pada demo kali ini, gue pake jeda waktu tiap gambar untuk berganti setiap 5 detik sekali.

Menu PhotoScape

Nah, setiap pergantian gambar, sebaiknya kita tetapkan juga mau pakai efek apa. Di PhotoScape ini sih ada beberapa efek yang lumayan menarik, diantaranya sliding dan efek fading. Nah, gue pakai efek fading, yang Convert To White biar kesannya dramatis gitu :3 hihihihi

Menu PhotoScape

Terus untuk hasil animasi .gif nya mau gede atau kecil bisa kamu atur di bagian ukuran, dimana kalau gue set ke 848×622 aja biar ga kekecilan, tapi ga terlalu kegedean juga. Terakhir bisa pilih centang Stretch atau Paper Full supaya background polos di balik foto nya ga keliatan pada hasil animasi akhirnya. Terakhir, untuk demo hasilnya kamu bisa klik menu yang berbentuk simbol Play atau bisa juga langsung klik Web Browser Preview untuk lihat hasilnya secara langsung menggunakan browser.

Menu PhotoScape

Abis itu tinggal save deeeh, dan upload di Facebook, Twitter dan sosial media lainnya milikmu sebagai undangan digital!

Gif Photoscape

Fyuuuh, akhirnya selesai juga tutorial dan tips kali ini! Buat kamu-kamu yang lagi mempersiapkan pernikahan, ane doakan semoga persiapannya lancar semua sampai ke pelaminan dan semoga pengalaman ane kali ini bisa jadi sesuatu yang bermanfaat. Kalau pingin tanya-tanya seputar PhotoScape ini boleh juga kok via komentar, pasti daku akan membantu sebisanya (kalau emang yang ditanyain ga susah yaa hahahaha).

Kapan-kapan kalo sempet ane bakal ceritain juga deh mengenai pengalaman ane mempersiapkan acara pernikahan ini mulai dari mencari Wedding Organizer yang terpercaya dan terjangkau, sampe bikin undangan, suvenir, de el el. Tapi sebagai penutup ane cuma mau nitip pesen aja buat kalian yang mau menikah… yang tentunya juga merupakan pesan mendalam buat ane sendiri yang baru menikah…

Jangan terlalu memaksakan diri dalam melangsungkan pernikahan…

Karena yang terpenting bukanlah persiapan pesta pernikahannya yang mewah tapi… gimana persiapan kita untuk berjuang mempertahankan rumah tangga setelah pesta pernikahannya selesai…

Semoga Allah bisa membantu gue dan kalian semua yang akan menikah menciptakan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah untuk selamanya…

Amiiiiiin!

Akhir kata, selamat berjuang mempersiapkan pernikahan yang paling berkesan! 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s