Puasa kok Malah Sakit? Hayo Cek Apakah Kebiasaan Puasa Kita udah Sehat atau Belum :) [EPISODE SAHUR]

Bulan Ramadhan, merupakan bulan suci yang pastinya dinanti-nantikan oleh umat Islam di Indonesia, termasuk saya dong tentunya! Kenapa? Selain karena suasananya yang terasa lebih islami, tenang, religius, tentunya juga karena banyaknya kuliner takjil yang enak-enak bermunculan di jalan menggoda iman, padahal biasanya musti beli dulu di pasar atau bikin sendiri kalo rajin :p

Menu-Takjil-Segar-Es-Buah

Glek! (Sabar ya yang masih blom buka puasa XD)

Sebut saja para tersangka penggoda iman itu dengan sebutan kolak, es buah, blewah, sop buah, gorengan ampe bermacam-macam jajanan pasar bangsa kue lapis atau apapun itulah sebutannya berkeliaran membanjiri jalan-jalan di ibukota saat bulan Ramadhan. Tiap sore jalanan pasti jadi macet dan rame banget sama orang yang jualan takjil menggiurkan ini. Alhasil kita yang akal sehatnya sedang dalam keadaan setengah sadar karena menahan lapar dan haus, seringkali kalap begitu liat ragam makanan dan minuman khas ramadhan yang unyu-unyu-enyak. Hmmmm…. padahal sih ga bakal kemakan semua juga gara-gara kekenyangan =_=

Sangat disayangkan memang yang harusnya makna puasa itu adalah melatih kedisiplinan untuk menahan hawa nafsu supaya bisa jadi lebih sehat, lebih teratur, lebih terkontrol dalam kehidupan sehari-hari, eh malah berubah jadi semacam keharusan yang terpaksa ditaati selama waktu tertentu dan boleh dilanggar lagi kalau udah lewat masanya. Selain mubazir, belanja makanan berlebihan, bikin kita ga memaknai arti puasa yang benar, dimana kita sepatutnya bersyukur masih dikasih rezeki untuk makan dan ga harus mengalami penderitaan mereka yang kelaparan tiap hari. Kalau beli makanan banyak-banyak cuma untuk nyiksa perut sampai kekenyangan dan akhirnya malah buang-buang makanan, apa itu yang namanya bersyukur? Apa ga sayang tuh sama kesehatan dan uang yang seharusnya bisa makin terjaga ketika bulan puasa tiba?

Kalap-Makan-Berbuka-Puasa

Horeeeeeeee Buka puasaaaaa! makan terussssss ampe yang di meja abis semuaaaaaaa! Ada yang pernah begini?

Makan berlebihan selama bulan puasa sama sekali tidak ada manfaatnya untuk kesehatan, mulai dari perut kembung, badan lemes, makin gemuk, radang tenggorokan, dan sejuta penyakit lainnya yang bikin kita jadi ga produktif. Oleh karena itu untuk memperingatkan diri gue sendiri dan mungkin orang-orang di luar sana yang masih salah kaprah dalam melaksanakan kegiatan puasa dengan baik dan benar, semoga tulisan ini bisa sedikit bermanfaat ya buat kalian semua, Kan enak kalau misalnya puasa kita justru bisa menambah manfaat biar makin sehat, bersemangat dan tentunya bisa makin banyak diisi dengan berbagai kegiatan positif :3

Mari kita mulai dengan Bismillahirrohmanirrohim!

KEBIASAAN PUASA SEHAT: SEPERTI APA SIH?

EPISODE: SAHUR

Mungkin banyak dari kalian yang biasanya masih sangat sangat sangat mengantuk saat bangun sahur sehingga napsu makan juga ga kerasa sama sekali. Kalau ga dipaksain sahur nanti malah lemes seharian, akhirnya dipaksalah saur dengan bikin makanan yang menggugah selera bangsa nasi, sama indomie 2 bungkus, plus kornet, plus telor ceplok, dan lain lain biar ga kelaperan. Terus ga lupa juga minumnya segalon supaya ga keausan pas puasa.

Hasilnya? Perut kembung begah. Tidur kebablasan. Ga solat subuh. Bangun kesiangan, badan lemes. Males kerja. Kepala pusing. Sakit tenggorokan. LENGKAP.

Aneh? udah makan sama minum banyak biar ga lemes, tapi hasilnya badan kita malah jadi terasa ga sehat dan ga fit? Kalo kamu masih pada bingung sama penyebabnya, yuk kita lihat bareng-bareng dimana letak kesalahan sahur yang sering dilakukan kebanyakan orang pada umumnya.

KESALAHAN PERTAMA: Makan/minum terlalu banyak membuat kamu jadi susah napas dan lemas. Hal ini terjadi karena ketika lambung yang lagi kempis-kempisnya pas baru bangun tidur, langsung kamu bombardir dengan segudang makanan dan minuman! Si lambung yang shock jadi ga bisa mengeluarkan enzim pencernaan dengan maksimal. Alhasil makanan-makanan yang kamu masukkan ke perut ga tercerna semuanya, berfermentasi alias membusuk, menimbulkan gas dan menimbulkan perasaan begah. Pengen sendawa ga bisa, pengen kentut ga bisa. Perut bengkak sakit ga bisa bangun, pengennya tiduran aja.

Berhubung ga semua gizi makanan tercerna sempurna ga heran kalau kamu jadi lemes dan ga dapet berkah / manfaat apa apa dari makanan itu. Ya iyalah wong gizi dari sekian banyak makanan yang kamu telan ga bisa terserap tubuh semuanya kok. Ujung-ujungnya sahur banyak juga percuma, malah lemes doang yang didapat. Mending kita ikutin rumus Nabi Muhammad SAW aja, dimana selalu sisakan ruang perut untuk 1/3 udara, 1/3 air, 1/3 makanan. Dijamin perut aman dan nyaman, solat subuh juga ga kebablasan :3

KESALAHAN KEDUA: Makan makanan yang tidak bergizi, seperti mie instant, chiki-chikian sarat garam, dan cemilan kue manis sarat gula sangat tidak dianjurkan. Kenapa? Jelas karena kandungan gizinya yang sangat sedikit, yang ga bisa menunjang kegiatan sehari-hari dengan maksimal. Yang ada malah nambah asupan bahan pengawet yang bikin kanker di tubuh atau malah nambah lemak & kolesterol jahat, serta bikin kadar gula darah ga stabil dan tekanan darah tinggi yang berujung pada diabetes & serangan jantung. Bukan bikin sehat malah bikin penyakit Gaezzz… Ga mau kan?

PENGARUH MAKANAN SEHAT VS MAKANAN TIDAK SEHAT UNTUK TUBUH

BEDA NUTRISI MAKANAN SEHAT VS MAKANAN TIDAK SEHAT UNTUK TUBUH… Pilih mana?

Kalau memang malas makan, jangan lari ke cemilan ga jelas, ada baiknya makan dalam porsi kecil tapi bisa mengenyangkan / memberi tenaga seharian penuh dalam jangka waktu lama. Misal semangkuk buah segar kaya serat dan vitamin yang bisa menyehatkan pencernaan dan memberi asupan gizi yang baik untuk kebugaran tubuh, seperti pisang yang mengandung karbohidrat alami (ga kalah sama nasi putih!) atau pepayaalpukat dan kiwi yang mengandung berbagai zat gizi lengkap yang pasti bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan daya tahan tubuh di kala berpuasa.

Kiwi Bergizi Lengkap

Aaaah Kiwi My Favorite :3 Buah Kecil Mungil dengan Kandungan Gizi Lengkap!!!

Nah, kalau saran Nabi Muhammad SAW, cukup dengan 7 butir kurma pun kamu bisa melaksanakan kegiatan seharian tanpa harus merasa lemas. Kenapa? Soalnya kurma ini mengandung protein, karbohidrat dan lemak sehat yang cukup banyak. Enaknya lagi karbohidrat yang terkandung dalam kurma itu adalah karbohidrat kompleks yang lama dicerna, sehingga diterima sedikit demi sedikit oleh tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang lebih lama tanpa menyebabkan gula darah menjadi tidak stabil seperti halnya saat kita makan roti atau nasi putih. Nah jenis makanan dengan karbohidrat kompleks seperti ini nih yang sangat disarankan untuk sahur supaya kamu ga kekenyangan tapi juga ga lemes seharian. Pas banget kan?? Atau kalau kamu ga suka kurma bisa pilih makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, daging-dagingan yang dilengkapi sayur mayur ataupun segelas susu. Karena lama dicerna biasanya juga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama, dan tentunya bisa mempertahankan massa ototmu supaya ga berkurang walau sedang berpuasa 🙂

Kurma dan Oatmeal Mengandung Karbohidrat Kompleks

Kurma dan Oatmeal Mengandung Karbohidrat Kompleks

Kurma dan Oatmeal Pas banget untuk Sahur karena Mengandung Karbohidrat Kompleks yang bikin badan segar sepanjang hari

susu kaya protein membuat kenyang lebih lama

Susu Kaya Protein membuat Kenyang Lebih Lama

KESALAHAN KETIGA: Abis sahur langsung tidur-tiduran itu mungkin hal ternikmat yang bakal bikin kamu tergoda untuk melakukannya setiap pagi menjelang subuh. Iya lah, perut udah kenyang, masih pagi banget juga untuk beraktivitas, apa salahnya tidur barang setengah jam lagi aja sambil nungguin subuh? Ga salah sih sebenernya. Tapi sebaiknya jangan dilakukan karena banyak resikonya: MULAI DARI kebablasan sampe kelewat waktu solat, telat bangun yang merembet jadi telat ngantor, sampe akhirnya jadi penyakit radang tenggorokan yang cukup menyiksa leher.

Sakit tenggorokan ini biasanya terjadi karena perutmu yang kelewat penuh saat sahur, membuat asam lambung yang bersifat tajam ini kadarnya naik lebih dari biasanya. Nah, dengan tidur akan membuat asam lambung itu dengan leluasa bergerak sampai ke tenggorokan dan menyebabkan iritasi. Kalo udah gini mau puasa pun jadi males karena tenggorokan sakit bukan main. Bawaannya pengen minum air yang banyak. Kalo ga kuat iman ya batalin puasa, ke dokter terus minum obat biar cepet sembuh. Waduh, apa ga sayang udah bangun pagi-pagi buta tapi sia-sia sahurnya? :’D

Jadi menyimak dari pengalaman tersebut, biar ga ngalamin sakit leher kaya di atas, baiknya setelah sahur kita isi dengan kegiatan ringan dulu biar ga berasa ngantuk, seperti baca qur’an, atau nonton acara ceramah di tivi, sambil nunggu azan subuh. Kalo perlu abis solat langsung mandi juga sekalian biar seger dan ga terlambat berangkat kerja. Kan asyik tuh, makin pagi ngantor, makin matang persiapan untuk menyelesaikan semua pekerjaan hari itu tepat waktu. Kalau kata orang sukses, orang yang berhasil itu biasanya bangun lebih pagi dibanding mereka yang rata-rata, karena biasanya otak itu cenderung lebih kreatif dan bisa berpikir tenang pada pagi hari.

Mau Sukses Bangun Lebih Pagi

Mau Sukses? Bangun Lebih Pagi Dong 😀 Masa Kalah sama Ayam?

Tapi kalau takut kepagian sampe satpam aja belom bukain gerbang kantor, ya monggo kalau mau bobok-bobok lagi sebentar. Kan makanan sahur udah mulai tercerna setelah melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, sehingga relatif aman untuk tidur. Asal jangan sampe lupa setel alarm aja ya, salah-salah nanti malah kena serangan jantung pas bangun gara-gara liat jam udah kesiangan :’D

Late for work meme

Yang paling Serem sehabis saur itu adalah, begitu melihat jam ternyata udah kesiangan…. Boboknya Kebablasaaaaaaaaaan!

Kira-kira begitulah segelintir kebiasaan jelek yang mungkin sering dilakukan saat sahur dan tips memperbaikinya supaya kegiatan puasa kita bisa menjadi lebih sehat dan bermanfaat. Kalau kamu punya tips lain seputar sahur boleh banget lho bagi-bagi ilmunya disini, lumayan buat tambahan kiat yang bisa diterapkan selama berpuasa 😀

Selamat melaksanakan sahur besok pagi dan tunggu curcol lanjutan mengenai kebiasaan puasa sehat: episode berbuka!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s