Serba Serbi Tentang Lamaran – One Step Ahead to Marriage!

Akhirnyaaaa…. Lamaran selesai juga!

Yup, tepat tanggal 3 Mei 2015, hari Minggu bersejarah itu datang. Kalau ditanya perasaan? Antara excited, terharu, seneng, grogi semua campur-campur jadi satu! Kaya es doger, ada asemnya ada manisnya ada gurihnya. Nyummy :p (Kenapa jadi ke makanan ya ingetnya XD)

Cieeeeee cieeeeeee (nyorakin diri sendiri :’D)

Alhamdulillah semua berjalan lancar tanpa ada halangan berarti. Walaupun sederhana aja, ga meriah pake kembang api ama petasan dan ga ada wartawan yang dateng ke rumah (eh?) yang penting semua yang hadir, baik tetangga maupun kedua keluarga yang berencana melangsungkan pernikahan bisa hepi, mengakrabkan diri dan saling mengenal dekat satu sama lain. Cihuy lah pokoknya.

Tapi emang ya, yang namanya kegiatan kaya gini emang musti diorganisir dari jauh jauh hari, kalo ngga bakalan berantakan. Untungnya gue punya emak yang sigap dan cerewet soal begini-beginian, jadi gue ga perlu keteteran ngatur semuanya sendiri. Tau sendiri gue orangnya cuek banget, males ngurusin printilan-printilan kaya begini =_=”

Yang kocak, emak udah dari lama nyuruh gue nyiapin list acara yang akan diadakan hari itu. Berhubung gue mikir “ah.. lamaran doang paling kaya silaturahmi biasa aja” akhirnya gue meremehkan sampe sampe beneran lupa. Dan sehari sebelum acara, calon gue akhirnya mintain list acara biar keluarganya tar bisa ngikutin susunannya. Alhasil, gue yang lagi berleha-leha santai ala putri duyung di kasur kesayangan pas weekend, langsung loncat indah ke depan komputer buat kirimin draft acaranya :’D MAMPUS! Pikir gue saat itu.

Untungnya Tuhan Maha Baik sodara-sodara :’D di Google ternyata sudah berserakan contoh draft acara lamaran dari mereka-mereka yang udah duluan. Akhirnya ane ambil lah satu yang sekiranya bakalan mirip-mirip ama acara yang mau gue adakan. Ilmu Co-Pas gue yang udah terlatih selama kuliah ternyata sangat bermanfaat pada saat itu, Alhamdulillaaaaah :’D

Nah, jadi buat kalian yang pusing juga buat susun acara lamaran, contoh draft dari gue ini (yang merupakan hasil CoPas dengan sedikit modifikasi) mungkin bisa bermanfaat! Selamat meng Co-Pas riaaa sodara-sodara :’D

Susunan Acara Lamaran

Pukul 10.00-10.05: Pembukaan MC (Dari Pihak Wanita) dan mempertanyakan maksud dan tujuan kedatangan serta memperkenalkan keluarga besar.

Pukul 10.17-10.25: Pihak lelaki memperkenalkan keluarga besarnya dan mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan

Pukul 10.25-10.35: Keluarga calon mempelai wanita menyambut baik rencana lamaran pihak pria

Pukul 10.35-10.50: Acara pemasangan cincin oleh ibu calon pengantin lelaki kepada calon pengantin wanita.dan acara seserahan dari pihak pria.

Pukul 10.50-11.00: MC meminta restu kepada semua yang hadir sambil menerangkan bahwa nanti pernikahan akan diadakan tanggal 27 September 2015 di Masjid As-Salam dimana semua keperluan acara pernikahan dan panitia sudah diserahkan pada Calon pengantin Pria dan Wanita.

Pukul 11.00-11.05: Penutupan dan doa bersama oleh MC (dari pihak wanita)

Pukul 11.05-selesai: Makan siang bersama dan ramah tamah

Ketika pulang, pihak wanita akan memberikan seserahan balik ke Pihak calon pengantin Pria

 Flashback…. Beberapa Bulan Sebelum Lamaran

Kalau ditanya persiapan sih sebenernya ga ada yang bener-bener mateng sih ya. Bisa dibilang semuanya serba dadakan alias asal maju sana sini pake intuisi XD muahahahaha…

Mulai dari nentuin tanggal, nyari buat hantaran, nyiapin katering semuanya seingetnya aja, bagaikan air mengalir… Kalo lagi keinget langsung dibahas, ga pernah ampe nentuin rapat resmi ala anggota DPR gitu sih. Wong nentuin MC ama yang baca doa aja dadakan ala rocker, main tunjuk aja minta tolong sodara yang udah biasa jadi MC acara lamaran ponakan-ponakannya :’D Sampe make up pun istrinya om MC yang nanganin langsung ampe rela dateng pagi-pagi buat bantu nyiapin. Langsung berasa terharu gitu deh ngeliat sodara berbondong-bondong bantu nyiapin semuanya sampe ada yang sengaja nginep dirumah buat bantuin masak makanan, hiks…. berjuta terima kasih for my family yang top-top abis!!! Love you all..

PhotoGrid_1431866514774

Selfie Dulu Abis Didandanin :-* (Jarang-jarang soaleee XD)

Terima kasih juga sama my lovely sister yang udah sengaja beliin baju untuk lamaran, di kala gue sibuk sampe ga kepikiran sama sekali mau pake baju apa :’D dan tentunya emak sama babe yang udah nyiapin katering sedemikian rupa sehingga gue ga usah ribet-ribet lagi ngurusin katering buat lamaran. Haaah, kalo lagi begini emang lho peran keluarga tuh besar banget, semoga nanti gue juga bisa bales semua jasa mereka, amiiin :’) Bahkan tetangga deket juga pada ikut bantuin, bersyukur banget pokoknya.

Oh ya omong-omong soal apa aja yang harus disiapin untuk lamaran, hal-hal penting yang perlu disiapin menurut gue simpel sih. Ga harus ribet kecuali kalau emang mau bikin acara lamaran yang pakai adat gitu yah. Kalau dari pihak cowok biasanya nyiapin hantaran sama mungkin cincin tunangan. Kalau cewek biasanya nyiapin katering, susunan acara sama hantaran balik aja sih.

Jenis hantaran dari cowok ke cewek atau sebaliknya biasanya sih sesuai kebutuhan si cewek/cowok aja, dimana pada umumnya berupa baju, tas, sepatu atau barang lain yang biasa dipake sama si calon, terus bisa ditambah buah-buahan sama kue-kue gitu. Jadi sebelum lamaran paling sibuknya sibuk belanja-belanja aja sih barang apa aja yang mau dijadiin hantaran, sama sibuk nyari kotak kemasannya buat dihias-hias biar kelihatan menarik :-*

FotorCreated2

FotorCreated

Nah ketika semua sudah siap, ya tinggal ikutin susunan acara aja sih sampe selesai, biasanya pas lamaran itu mumpung dua keluarga lagi ketemuan ya sekalian rapat tentang tanggal pernikahan atau nyiap-nyiapin apa aja yang perlu disiapkan untuk acara pernikahan nantinya. Berhubung gue dan calon sudah pakai Wedding Organizer, persiapan ga terlalu ribet sih, karena kita tinggal tek-tokan aja sama pihak WO nya dan menyesuaikan dengan draft acara/agenda dari WO 😀

Kira-kira begitulah sedikit pengalaman gue melalui satu tahapan penting dalam sejarah hidup. Walau sedikit persiapannya, semoga bisa jadi gambaran juga buat mereka yang udah mau siap-siap lamaran. Intinya sih jangan dibawa stress, musti begini musti begitu. Dinikmati aja prosesnya, cuma sekali seumur hidup lho 😀

Yup, it’s just the beginning, masih banyaaaaaak lagi peristiwa penting lainnya yang bakal segera gue alami. Gue hanya berharap semuanya bisa berjalan lancar tanpa hambatan apapun. Yang jelas bagi gue, tidak terlalu penting sebagus apakah seremoni lamaran / pernikahannya, that’s why gue ga mau terlalu ngurusin printilan-printilan acaranya :’D karena bagi gue walau sederhana yang terpenting adalah gimana bisa mempertahankan rumah tangga gue dengan pasangan yang udah gue terima untuk jadi pemimpin seumur hidup.  Semoga pernikahan gue nanti bisa bahagia, sakinah, mawaddah, warahmah untuk selamanya 🙂 awet sampe kakek nenek, sampe maut memisahkan… Amiiin

IMG_20150502_093139

Hope We can Love Each Other Til… Forever

Haiizzzz, berhubung emak udah tereak-tereak nyuruh gue mandi pagi, udahan dulu lah curhatnya XD hahaha sampai ketemu di tulisan absurd lainnya, yang walaupun ga jelas, setidaknya ada sedikit pelajaran yang bisa dipanen :3

Sayonaraaaa mmmuaaaaaaaaaaaah 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s