Bagi mereka yang mengalami mata minus: Baca Deh!!!

Akhir-akhir ini saya galau sekali, karena mata minus Saya yang tidak kunjung sembuh..T.T (loh?! kok jadi kaya curhatan pasien klinik tongfang…XD)

Ehem, maksud gue, gue udah bosen sama yang namanya pake kacamata, karena percuma juga, bukannya tambah sembuh, mata kok malah jadi tambah blur alias kabur gitu pandangannya… udah kaya kaca kesirem aer ujan…

Oleh karena itu beberapa hari ini gue udah mulai berinisiatif untuk mempensiunkan kacamata gue, dan gue pake kalo lagi terpaksa aja, soalnya denger-denger, keseringan pake kacamata bisa bikin mata tambah minus, ga tau sih bener apa ngga…

Tapi semenjak jarang pake kacamata, emang iya sih, gue ngerasa penglihatan gue jadi sedikit membaik. Entah sugesti apa gimana, yang jelas gue jadi ga terlalu bergantung dengan yang namanya si kacamata ini.

Yang jelas, untuk tetap menjaga kesehatan mata ternyata memang ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan disiplin untuk tetap menjaga mata kita supaya ga tambah blur alias rusak, coba deh kita telaah satu persatu, yuk mari… (maaf kalo kurang ilmiah, karena semua penjelasan di bawah dijelaskan atas dasar pengalaman pribadi):

1.    Ngeliat monitor komputer kelamaan dengan cahaya lampu ruangan yang kalah sama monitor: sumpah, ini bikin mata gue jadi sepet kliyeng-kliyeng walo cuma dilakukan selama 30 menit! (apa coba sepet kliyeng-kliyeng…XD) Oleh karena itu, gue paling ogah natap monitor komputer terlalu lama kalo ga terpaksa… bikin mata gue jadi berbayang dan terasa aneh.

Tapi kalo emang bener-bener terpaksa banget musti bertatap-tatapan mesra dengan monitor komputer dalam waktu lama, gue redupin aja cahaya monitornya sampe mata gue terasa nyaman… ini ampuh banget loh buat menjaga daya tahan mata :P.

Terus kalo mata lo udah kerasa sepet atau capek, mendingan berhenti deh natap monitor lama-lama, coba keluar ruangan, liatin deh tuh pohon-pohon di depan rumah barang 15 menit, abis itu baru balik lagi ke monitor, soalnya mata jadi lebih seger kalo abis liat yang ijo-ijo…

Bagi mereka yang sama sekali ga punya taneman di sekitar rumah (ya ampun, masa tetangga lo ga punya taneman yang bisa lo liatin sih? coba deh ngintip ke rumah sebelah… siapa tau ada kaktus nganggur…) pasang foto taneman aja deh di kamar lo, yang paling asri kalo bisa, semoga aja ampuh buat menetralisir mata lo yang kecapekan… atau ga lo cari aja lumut deh di sekitar rumah lo…. kan lumut termasuk taneman juga…. bisa dijadiin grafitty keren lagi :P,

mobil gue kalo diginiin keren kali yah…

kalo lumut ga ada, taneman ijo ga ada, lo cari cincau ijo aja kali, in case lo ga bisa nemuin sama sekali taneman atau benda-benda lain yang berwarna hijau di sekitar  lingkungan rumah lo untuk menyejukkan mata… selain bisa menyejukkan mata, kan bisa sekalian buat nyejukkin perut lo juga tuh….

Apa? ga ada tukang cincau??? derita lo deh kalo gitu…

2.  Baca di bus atau mobil yang lagi jalan! Nah ini nyebelin banget nih buat mata… apalagi kalo jalannya di jalanan jelek… mobil bergetar hebat belok sana-belok sini… selain bikin lo pusing dan mabok darat, otot mata lo jadi capek karena harus terus “berolahraga” menyesuaikan fokus ke objek -buku yang lo pegang misalnya- yang goyang sana-goyang sini tanpa ampun. Oleh karena itu, jangan pernah lo baca buku atau SMSan di mobil dalam jangka waktu lama, dijamin, turun dari mobil lo langsung pusing dan mata lo jadi berbayang…

3.  SMSan malem-malem di ruang kamar yang gelap! Otomatis lo harus menatap cahaya monitor hp lo yang terang benderang.. hal ini bikin mata lo dipaksa untuk berkontraksi terus menerus untuk menerima cahaya menyilaukan dari layar hp lo… ini kalo terus dilakukan bisa merusak elastisitas lensa mata lo loh, dan mata lo jadi rabun jauh deh. Makanya kalo waktu tidur sudah tiba… say NO to your handphone…

SMS, TELEPON, BBM atau segala hal lain yang mengganggu waktu tidur lo lebih baik disingkirkan supaya bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Semakin berkualitas tidur lo, semakin sehat lo jadinya, semakin lancar peredaran darah ke otak dan organ-organ tubuh lo, dan tentunya makin kinclong juga kerja mata lo di esok harinya…

Makanya lo bisa liat sendiri, mata orang yang abis begadang ama mata orang yang tidurnya cukup beda kan?Kalo tidur lo ga cukup, mata lo jadi merah kaya zombie dan sepet banget di pagi hari karena dia tidak mendapatkan asupan gizi dan oksigen yang cukup seperti halnya pada orang yang tidur dengan damai pada malam hari… Oleh karena itu, kalo mau mata sehat, sebaiknya hindari begadang di malam hari.

“Tapi gimana dong kalo gue banyak kerjaan? gue ga bisa tidur cepet! lo mau gaji gue dipotong? situ sih enak ngomongnya… bla-bla-blah-blah….”

Oke, oke, untuk mereka yang ngamuk-ngamuk karena ga bisa tidur lebih cepet… plis jangan salahin gue… gue cuma ngasih saran dan fakta okay? kalo lo ga bisa tidur lebih cepet karena banyak kerjaan, gue bantu doa aja supaya kerjaan lo cepet selesai…. Amin…. Sabar aja ya nak… Orang sabar disayang bos… (loh?!)

Intinya hindari cahaya-cahaya yang terlalu terang, termasuk cahaya matahari yang menyilaukan loh… karena bisa bikin mata lo jadi capek dan rusak 🙂

kucing pakai kacamata sunglassessilau? bukan masalah tuh… 😛

4. Boleh baca sambil nyender di kepala ranjang…. tapi JANGAN kalo SAMBIL TIDURAN… gue sering kok baca sambil males-malesan di kasur, tapi bukan dengan posisi tiduran bener2 telentang yah… karena kalo kaya gitu, selain pusing tangan lo juga pegel jadinya megangin buku tinggi-tinggi ke arah atap gitu… udah kaya mau ngapain…==”,

kalo emang males baca buku sambil duduk rapi ala anak TK di atas meja dengan tangan di lipet di depan dada… (gue sendiri juga males baca dengan posisi serius gitu, punggung pegel, ga asik, ga pewe pokoknya)… baca aja di kasur, tapi dengan posisi kepala lebih tinggi dari buku yang lo pegang… dan ini bisa lo lakukan sambil nyenderin punggung ke tumpukan bantal atau kepala ranjang dan posisi buku di pangkuan… pokoknya posisi setengah duduk gitu deh…pewe banget ga sih?! posisi favorit gue banget deh tuh…XD apalagi kalo ada cemilan di samping tempat tidur, ritual baca jadi lebih maknyus…XD hehehe…

posisi baca paling enakini nih… posisi baca paling enaak… XD

karena kalo baca buku sambil tiduran, tulisan di buku kan jadi ga kena cahaya sama sekali, makanya mata lo jadi rusak…

5. Banyakin makan sayur-sayur ijo dan buah-buahan… karena banyak vitamin buat mata…. eits, tapi jangan salah kaprah ya… mentang-mentang wortel dikenal dengan manfaatnya buat mata, loh jadi rajinnya makan wortel doang tiap hari kaya kelinci… lebih baik konsumsi segala macam sayur dan buah secara bergantian, supaya tubuh lo bisa dapet semua macam vitamin dari berbagai makanan itu, ga overdosis vitamin yang itu-itu aja cuma dari wortel…. 😛 sayur yang baik untuk mata kan bukan cuma wortel…. sayur lain kaya bayam, brokoli, tomat, kol juga bagus kok buat mata… makanya jangan pilih kasih…. senengnya kok cuma sama wortel aja, nanti yang lain nangis loh… 😛

6.  Selalu jaga jarak pandang minimal 30 cm baik dengan monitor komputer, handphone, buku komik kesayangan, dan lain sebagainya…. ga usah deket-deket banget lah natap mereka-mereka itu… lo bukannya mau ciuman juga kan sama handphone atau monitor komputer lo itu… ==”

hmmm... sangat tidak disarankan untuk kesehatan matahmmm… posisi baca yang sangat tidak disarankan!

7. Kalo bisa, hindari penggunaan lensa kontak, terutama bagi mereka yang jorok dan ga bisa jaga kebersihan! Inget loh, pake lensa kontak itu ga gampang, kebanyakan bikin susahnya daripada keuntungannya… kalo debuan dikit terus dipake, mata lo jadi iritasi karena kotor…bahkan bisa buta kalo pemakaiannya jorok, soalnya bakteri semuanya yang nempel di lensa kontak lo jadi mampir semua ke mata… plus… kalo lensa kontak itu kan bikin mata kering, jadi musti ditetesin terus sama cairan khususnya… aduh… ribet deh…

kalo lo bukan tipe orang yang mau repot, dan penganut paham “cinta kepraktisan” kaya gue, lebih baik hindari saja si lensa kontak ini okay? demi kebaikan dirimu sendiri…. soalnya ga mungkin juga lo nyewa asisten khusus cuma buat ngurusin perawatan lensa kontak lo… kecuali digaji gede…

8. Terakhir… jangan keseringan kucek-kucek mata karena bisa bikin mata iritasi, apalagi kalo nguceknya pake garpu rumput….wah….. sadis… ==”

Okelah… sekian dulu saran-saran ngaco dari gue… kalo mata Anda masih saja bermasalah… jangan konsultasi ke gue yah… silakan pergi ke dokter mata terdekat…. disana lo bisa ngobrol sepuasnya sama si dokter…. secara dia lebih pengalaman… apalagi kalo dokternya cakep… kan bisa sekalian pedekate… 😛

Mungkin ada saran-saran laen buat nyembuhin mata? Share yuk di komen 😛

Sumber gambar: tensionnot.com, therealowner.com, dan sumber-sumber lainnya via google.com

4 respons untuk ‘Bagi mereka yang mengalami mata minus: Baca Deh!!!

  1. Siapa aja dehh berkata:

    Klo gw mata tuhh kalu liat jauh kaya burem2 gitu… tapi kok pas cek ke dokter mata katanya gpp yahh?

    • nillafahriza berkata:

      Kalo kata dokter gapapa sih ya berarti gapapa, pengaruh mata burem itu bisa dr cuaca juga sih kaya terlalu dingin bikin mata kering, terlalu silau cahaya, atau emang kurang pencahayaan lingkungan sekitarnya alias remang2, jadi ga selalu karna faktor mata minus juga kok 🙂 kecapekan atau dehidrasi juga bisa bikin mata rada blur dimana kalo dibawa istirahat bisa sembuh sendiri

  2. khoisme berkata:

    Mata lu minus berapa nil ? *sok akrab gue* gue 4,5 dan serius gue ngerasa udah gk bisa jauh jauh dari kaca mata, tapi akhir akhir ini mata gue sering capek kalo posisi pake kaca mata, dan anak kuliahan kaya gue mah emang siang malem kencan sama laptop ya . Lah lu udah priksa? Apa minus lu bener turun ato gimana gitu?

    • nillafahriza berkata:

      Minus 2 wakakaka makin parah semenjak kuliah dan kerja karna terpaksa natap laptop terus. Gadget ama laptop tuh emang musuh besar mata sih. Yang bikin gue yakin ga pakai.kacamata bisa bikin mata lebih baik karena kakak gue pernah periksa ke dokter ada minus dia ga pake kacamata alhasil ampe sekaramg ga ada masalah matanya. Sedangkan gue yg pake kacamata terus malah ketergantungan. Entahlah. Kalau.mau beneran sembuh kalo minus udah gede sih paling efektif operasi 😂 ini kalo saran dari gue yg di blog kayanya bisa brlaku hanya.untuk yg minus2nya masih kecil2

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.