Salad Finger: Kartun Aneh Yang Bikin Merinding… XD

Kalian tau kan kebanyakan kartun yang termasuk dalam kategori dark comedy? Contoh yang kontroversial dan banyak dikenal sih antara lain “happy tree friends. Kartun ini terbilang kontroversial dikarenakan kesadisan dan kekerasan yang ngeri banget deh kalo ditonton… walaupun banyak orang yang bilang kartun ini lucu, entah kenapa walaupun udah berkali-kali gue mencoba menonton, gue tetep ga bisa ketawa… yang ada gue jadi enek dan mimpi buruk melulu abis nonton ini… XD

Nih, kalo mau liat gimana kartunnya, silakan diliat sendiri…

Nah, sekarang ini, selain happy tree friends, gue nemu video kartun lain yang juga bikin merinding, yakni “Salad Finger“. Bedanya sama “Happy Tree Friends”, kartun” Salad Finger” ini berat buat ditonton karena mengandung unsur film psikologis. Kalau “Happy Tree Friends” kan cuma kartun biasa dengan alur cerita ringan yang gampang dimengerti, nah kalo “Salad Finger”, jujur saya juga rada-rada keder nontonnya, karena kebanyakan ga ngertinya daripada ngertinya… XD haha…

Intinya, kalo diliat-liat sekilas sih, kartun “Salad Finger” ini mengisahkan tentang seorang yang mengalami skizofrenia  dan tinggal terisolasi di suatu lingkungan yang ga jelas dimana. Di setiap episodenya lo bisa liat gimana kehidupan seseorang yang mengidap skizofrenia, dimana dia sering mengalami halusinasi dan delusi yang kemudian sering membuat orang disekitarnya mengalami “kecelakaan”.

Buat yang penasaran, silakan ditonton sendiri… (Tapi kalo malem-malem nanti mimpi buruk, Saya ga tanggung jawab yah…XD)

Salad Finger Episode 1: Spoons (Sendok)

Pada episode ini, dikisahkan bahwa Salad Finger mempunyai obsesi aneh terhadap setiap benda yang berkarat. Cerita diawali dengan adegan dimana Salad Finger mengelus-elus sebuah sendok yang telah berkarat dan berkata bahwa ia selalu -maaf-  terangsang setiap kali mengelus benda-benda semacam itu, seperti sendok berkarat, teko berkarat, paku berkarat, dan lain sebagainya. Pada episode ini tidak banyak yang bisa diceritakan, karena adegan yang terjadi cuma berkisar tentang gimana Salad Finger yang nyari dan ngelus-ngelus benda-benda karatan. Aneh banget deh pokoknya.

Salad Finger Episode 2: Friends (Sahabat)

Pada episode 2, cerita udah mulai lebih kompleks. Pada episode ini diceritakan gimana Salad Finger yang kesepian, bermain bersama boneka-boneka jari yang terbuat dari kulit. Masing-masing boneka jari milik Salad Finger mempunyai nama yakni, Hubert Camberdale, Marjory Stewart-Baxter, dan Jeremy Fisher. Pada episode ini kita bisa lihat adegan dimana Salad Finger “mencicipi” rasa dari setiap “teman kecil” nya, dengan memasukkan kepala setiap boneka itu ke dalam mulutnya, lalu mengeluarkannya kembali… rrrh…>_<, psycho abis…

Tapi adegan dia nyicipin rasa temen-temennya sih belum seberapa, soalnya ada adegan lain yang lebih sadis di episode ini, yakni adegan dia ga sengaja manggang anak kecil di dalem oven, gara-gara dia berhalusinasi. Oh my God… abis nonton episode ini gue langsung ga bisa makan saking eneknya… >_< Kalo mau tau gimana ceritanya tuh anak kecil bisa kepanggang dalam oven, silakan ditonton sendiri aja deh episode 2 nya… Saya ga tega nyeritainnya…XD hahaha…

Salad Finger Episode 3: Nettles (Jelatang)

Kalo pada episode ketiga ini, kita bisa liat Salad Finger yang sedang berjalan-jalan di luar, menemukan dan membawa pulang sebuah tanaman beracun yang bisa bikin gatel dan bentol-bentol, namanya ‘Nettle’ atau mungkin kalo bahasa Indonesianya disebut Jelatang. Jelatang itu dibawa pulang oleh Salad Finger ke rumahnya dengan menggunakan kereta bayi. Nah, disinilah keanehan bermula. Pada saat Salad Finger bersama Jelatang yang dibawanya itu masuk ke dalam rumah, tiba-tiba muncul seseorang tanpa tangan dengan muka abstrak yang kelihatannya gila,  berusaha menggedor-gedor dan membuka paksa pintu rumah Salad Finger. Ga ngerti juga deh kenapa makhluk super absurd itu sampai begitu nafsunya pengen ngedobrak pintu rumah Salad Finger cuma gara-gara Salad Finger bawa-bawa Jelatang ke rumahnya. Yang jelas si makhluk absurd itu nantinya bakal mati karena kepalanya bocor setelah menggedor-gedor pintu rumah Salad Finger dengan kepalanya. Tragis.

Sebenernya, banyak yang berpendapat, kalau di balik ke abstrak an dari setiap episode Salad Finger, disinyalir mempunyai arti tersembunyi. Namun David Firth sendiri sebagai pembuat kartun ini, ga bilang apa-apa sih pas diinterview (sumber). Dia cuma bilang dia pengen bikin kartun aneh, terus terserah deh orang mau ngartiinnya apa. Tapi gara-gara inilah banyak orang yang akhirnya tertarik untuk nonton Serial aneh ini terus-terusan cuma untuk memecahkan arti dari tiap episode Salad Finger.

Kalo dari beberapa sumber yang gue dapetin di internet, banyak yang mengartikan bahwa Salad Finger ini adalah seorang psikopat yang punya kepribadian ganda, dimana Hubert C. (salah satu boneka kulit yang ada di episode 2) adalah personality Salad Finger yang ‘Jahat’ dan suka membunuh. Hubert C. sendiri jika disusun sedemikian rupa bisa membentuk kata ‘butcher’ yang artinya pembantai atau tukang jagal. Dari segi bentuk fisik, Hubert C. dengan Salad Finger emang serupa, sama-sama botak… hahaha…XD, hanya saja Salad Finger yang manusia adalah kepribadian Salad Finger yang innocent, lembut dan ramah, sedangkan yang digambarkan sebagai boneka kulit bernama Hubert C. adalah alter ego (kepribadian lain) nya Salad Finger yang sadis. Jadi bisa dibilang, kartun Salad Finger ini berusaha menayangkan sisi sadis dari seorang psikopat dengan cara yang tidak terlalu sadis, karena semua digambarkan dengan sudut pandang kepribadian Salad Finger yang lembut, dimana semua kegiatan pembunuhannya ga terlihat secara real, melainkan melalui fantasi-fantasi Salad Finger yang mengidap Skizofrenia.

Dari episode 2, bisa dilihat kalau sebenernya Salad Finger tidak menyukai kepribadiannya yang bersifat Jahat, yakni si Hubert C. Hal ini bisa dilihat pas Salad Finger mencicipi rasa Hubert C, dan bilang kalau rasanya tuh seperti soot (rasa hangus) dan poo (rasa kotoran). Makanya, hal itu diartikan oleh para penggemar, sebagai sikap Salad Finger yang sebenernya membenci perbuatan jahatnya sendiri, namun menyalahkan orang atau karakter lain yang ia ciptakan supaya Salad Finger terbebas dari rasa bersalah dan tetap innocent.

Obsesi Salad Finger terhadap benda berkarat, diartikan oleh para penggemar kartun ini sebagai rasa senang terhadap darah, karena adanya kemiripan sifat dan bau antara karat dengan darah yang mengandung banyak zat besi. Jadi inget adegan di episode 2, pas Salad Finger ngelus paku berkarat terus ketusuk jarinya, dan dia ngomong, “aku sangat suka setiap kali cairan merah keluar (dari tubuh seseorang)”, ngeri banget deh.

Pada episode 3, para penggemar kartun ini juga menganalisis, kalo sebenernya yang dibawa Salad Finger ke rumah bukanlah Jelatang melainkan bayi seseorang. Nettles, selain bisa diartikan jelatang juga bisa diartikan sebagai “sesuatu yang mengganggu, menyebalkan”, dimana diartikan oleh para penggemar sebagai kiasan, bahwa tangisan bayi yang berisik juga bisa disebut sebagai Nettles atau gangguan yang menyebalkan. Spekulasi ini diperkuat dengan adanya adegan Salad Finger yang membawa pulang Jelatang dengan menggunakan kereta bayi yang ia temukan.

Nah, menurut para penggemar Salad Finger, makhluk absurd yang mati karena kepalanya bocor itu, disinyalir adalah ayah dari bayi yang diculik oleh Salad Finger. Dalam halusinasi Salad Finger, ayah bayi itu mungkin kelihatan seperti makhluk absurd yang gila, namun mungkin sebenernya dalam kenyataan, ayah bayi itu tidak gila, namun panik karena bayinya diculik oleh Salad Finger. Adegan dimana si makhluk absurd itu mati di depan pintu Salad Finger, disinyalir juga bukan karena semata-mata kepalanya bocor karena menggedor pintu Salad Finger, melainkan memang terjadi perkelahian antara Salad Finger dengan sang ayah bayi, yang kemudian berakhir dengan kematian si ayah. Hanya saja dalam halusinasi Salad Finger yang selalu innocent, kematian orang itu bukan disebabkan oleh dirinya, melainkan mati dengan sendirinya.

Pada episode 2 juga terlihat halusinasi Salad Finger yang sedang berjalan-jalan di lemari penyimpanan daging sambil bernyanyi “over the rainbow”, yang sebenernya kalo kata penggemar adalah kenyataan yang sebenarnya. Di realita sebenarnya Salad Finger disinyalir memang mempunyai tempat penyimpanan daging untuk menyimpan daging dari para korbannya untuk kemudian dimakan, hanya saja Salad Finger meyakini kalau itu cuma halusinasinya saja. Di lemari penyimpanan daging itu ia bertemu dengan alter ego nya yang jahat, yakni Hubert C. Para penggemar juga meyakini kalo boneka jari yang dimiliki Salad Finger terbuat dari kulit para korban Salad Finger… huekkk… XP

Yah… yang jelas, setelah muncul episode-episode selanjutnya, makin banyak analisis menarik yang muncul mengenai Salad Finger di internet, cuma karena terlalu abstrak dan sulit dimengerti, akhirnya gue berhenti nonton juga, abis makin lama ceritanya makin aneh sih… Otak dan nalar gue udah ga nyampe pas mulai episode empat, jadi gue putuskan untuk berhenti nonton…XD hahaha. Bagi kalian yang masih penasaran dengan si Salad Finger ini, silakan nonton episodenya di Youtube. Dan bagi kalian yang masih penasaran dengan karya-karya lain dari David Firth, bisa langsung mampir ke situs resminya di www.fat-pie.com.

Oke deh, sekian dulu pembicaraan ngawur kita hari ini… Sampai jumpa di artikel aneh selanjutnya … 😛

NB: Kalo mau seru, nontonnya malem-malem terus pake headset deh, dijamin aura horror nya makin kerasa… :p , btw kartun ini cuma fiksi, jadi jangan terlalu dipikirin ampe jadi paranoid yah…, cukup ditonton lalu dilupakan, okey??? XD

Selamat menyaksikan… 😛

Iklan

6 thoughts on “Salad Finger: Kartun Aneh Yang Bikin Merinding… XD

  1. Aulia Rahman berkata:

    Ternyata ada juga yang sadis kaya happy tree friend hihihi, gua aku nonton happy tree friend aja udah merinding apalagi ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s