Help!!!! My Money disappear LIKE SMOOKE!!

Pada suatu harii…. dua ekor sahabat karib, sebut saja si Moneyca sama si Minnie Malist… sedang terlibat pembicaraan seru mengenai kondisi keuangan di habitat masing-masing…

Moneyca:

“Hmm… kenapa yah uang gue kayanya selalu aja ngilang kaya asep???? tau-tau di pertengahan bulan gue kekurangan duit lagi, kekurangan duit lagii….”

Minnie Malist:

“Emang udah lo pake buat apa aja tuh duit?”

Moneyca:

“Biasa aja kok, cuma buat beli keperluan gue sehari-hari… Lo sendiri gimana? kok kayaknya ga pernah kekurangan duit sih?”

Minnie Malist:

“Sama, gue juga cuma pake uang gue buat yang gue butuhin aja sehari-hari…By the way…”, sambil menatap tas Moneyca yang kayanya berubah wujud setiap seminggu sekali…, “Itu kayaknya tas lo gue baru liat (lagi) deh…”

Moneyca:

“Oh ini… hehehe…. kemaren gue liat tas ini di toko online… murahnya jauh banget daripada kalo kita beli di mall langsung…. makanya langsung gue beli, biar ga keabisan gitu… lucu yah?? :P”

Minnie Malist:

“Oh… terus,  sepatu lo?? kayanya baru liat juga gue….”

Moneyca:

“Oh… kalo ini gue belinya kemaren, soalnya sepatu gue kan udah pada buluk banget… malu pakenya”

Minnie Malist:

“Oh… Masa sih? (sambil mikir si Minnie membatin, kalo moneyca bilang sepatu yang baru dipake sebulan sudah masuk dalam kategori “buluk”,,, gimana dengan sepatu nya yang udah tiga tahun ga ganti-ganti wujud????!!)

“Kayanya masih pada bagus sepatu-sepatu lo?”

Moneyca:

“Ya… tapi udah sering gue pake, bosen ah… ganti suasana gitu :P”

Minnie Malist:

“Hmm… trus itu di kantong apaan?”

Moneyca:

“rrr… ini tadi gue mampir di mall sebentar trus gue liat ada baju lucu..trus…”, dengan tampang salah tingkah karena baru sadar kemana saja uangnya telah pergi…, “gue beli deh… he he….heee ><”

Minnie Malist:

“……..”

“pantesan aja duit lu kurang mulu…SEMUA YANG LUCU DIBELIII… ==””

Where's my money gone???

Gimana? pernah ga ngalamin sindrom “aku lupa kemana saja uang ku pergi” seperti yang dialami moneyca??? tau-tau ga berasa duit buat sebulan ga cukup aja….

kalo cewek-cewek sih biasanya sih pasti pernah nih ngalamin yang kaya gini…hahaha…soalnya Saya juga sebagai cewek pernah… tapi sekarang (insya Allah) sudah bertaubat…XD

btw gimana dong caranya supaya kita bisa hemat pengeluaran kita????

Rumus matematika nya sebenernya sederhana aja:

Pengeluaran TIDAK BOLEH LEBIH BESAAAARRRR DARI Pendapatan!!!!!

Susah??? ga susah ah…. sederhana aj kok, anak TK juga pasti ngerti,,, kalo mau duit lo ga minus dimana-mana (pinjem sana pinjem sini, tambal sana tambal sini buat nutupin yang kurang), pasti pengeluaran harus lebih kecil dari pendapatan,,,,, minimal seimbang deh…. pengeluaran = pendapatan, jadi ga ada tuh ceritanya dikejer-kejer ma yang punya warteg karena kalo makan ga mampu bayar… XD

kalau dari pengalaman pribadi sih, caranya ya sederhana aja :

1. Prioritasin dulu, keperluan mana aja yang paling penting buat sebulan… yang jelas, yang termasuk dalam kategori penting adalah: lo bakal MATI kalo lo ga bisa bayar keperluan ini, contoh keperluan makan, keperluan mandi, bayar sewa rumah, dan lain-lain yang pokoknya merupakan kebutuhan paling pokok dalam kehidupan lo…

2. nah, sekarang lo udah tahu kebutuhan pokok lo dalam sebulan apa aja, supaya tuh duit ga kepake untuk keperluan-keperluan yang tidak diperlukaaan… siapin amplop-amplop kecil yang musti ditandain: amplop A buat bayar sewa rumah, amplop B buat makan, dst… yang jelas aturan mainnya adalah UANG YANG SUDAH DIALOKASIKAN DI SATU AMPLOP TIDAK BOLEH DIAMBIL UNTUK KEPERLUAN LAIN…. 

3. Nah jika memang setelah dihitung-hitung pendapatan yang kamu dapatkan hanya cukup untuk keperluan sehari-hari, berarti yah… kalau mau hidup layak (pendapatan seimbang dengan pengeluaran), jangan pernah berpikir untuk menggunakan pendapatan kamu itu untuk foya-foya seperti misalnya untuk beli baju-baju mahal, makanan-makanan mahal… karena kalau uang yang kamu dapat kamu utamakan untuk membeli yang mahal-mahal, sedangkan kebutuhan pokok kamu tidak terpenuhi, kamu hanya bahagia sesaat aja loh… ketika sadar uang kamu habis dan kamu ga bisa bayar biaya sewa rumah misalnya…. nah… bingung sendiri kan???==”

4. Jika memang setelah dikurangi kebutuhan pokok, pendapatan kamu masih ada sisa, lebih baik ditabung aja….. siapa tahu di masa depan ada keperluan darurat yang kamu ga tahu… ^^

5. Nah, kalo emang sisa dari pendapatan yang dikurangi kebutuhan pokok itu lumayan banyak…. setelah ditabung sebagian, boleh deh digunakan untuk keperluan senang-senang, tapi sedikit aja…. karena sayang juga sebenarnya uang yang udah kamu kumpulin susah payah abis begitu aja cuma buat kepentingan yang tidak terlalu bermanfaat…^^

contoh: kalo di rumah kamu udah banyak baju bertumpuk, ngapain sih beli baju lagi tiap bulan??? toh kamu udah punya banyak baju di lemari… rawat aja baju-baju kamu yang lama itu supaya bisa awet dipake… selama cocok di badan kamu ga masalah kok pake baju yang itu-itu terus… toh orang juga ga merhatiin baju kamu baru atau ngga… 😛 (justru yang diperhatiin orang itu kamu cocok atau ngga pake baju itu… jadi walaupun  baju yang kamu pake baju lama, kalo emang masih bagus dan cocok, sebenernya ga ada masalah kan???)

Itu aja sih sebenernya cara jitu buat menghemat pengeluaran, yang terpenting inget aja rumusnya jangan sampe pengeluaran kamu lebih besar daripada pendapatan kamu,

terus prioritasin duluan kebutuhan pokok kamu, kalo setelah dikurangi kebutuhan pokok masih ada sisa, sisanya bisa ditabung atau dipake buat keperluan lain yang kamu inginkan… ^^

masih mau belajar gimana cara memakai uang seminimal mungkin? coba deh kunjungin http://www.theminimalists.com/. disana banyak banget hal yang bisa kita pelajarin dalam menghemat uang yang kita punya…

intinya sih, kemauan manusia itu, kalo diturutiiin emang ga bakal ada habis-habisnya…. jadi jangan mau diperbudak oleh keinginan kamu buat ngabisin uang dengan cara yang tidak bermanfaat yah… nanti kamu-kamu juga yang ngerasain stress nya ga punya duit pas dibutuhin… XD (pengalaman pribadi…)

QUOTE HARI INI:

“Jika kamu merasa tidak lagi punya kontrol atas hidupmu karena selalu merasa kekurangan uang, pertanda bahwa uang sudah berbalik mengontrol hidupmu sekarang…”

Jadi pilihannya adalah:

Do you own your life or Does your money own your life???

 Semuanya terserah Anda…. ^^v

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s