A Pray for Myself,,,(AGAIN): “Don’t be chicken out (AGAIN)…Please…”

Pernah ga sih, kalian mengalami krisis percaya diri sangat parah dimana kalian selalu merasa takut, serba ga yakin, maunya ngerendahin diri sendiri melulu, pesimis, serba ga yakin, PESIMIS, GA YAKIN SAMA DIRI SENDIRI, PESIMIS, GA YAKIN (diulang-ulang aja terus sampe bosen…)

STOP!!!! PAUSE YOUR (MY) MIND, JUST A MINUTE PLEASE!!!

Coba deh pikirin lagi, kalau kalian (saya) sedih terus-terusan, ga pede terus-terusan apakah bisa menyelesaikan masalah?????????????? (TANDA TANYA BESAR)

Kayanya sih NGGAK YAH?! (MENGOMELI DIRI SENDIRI ><)

Hmm… dilema semacam ini, alias krisis percaya diri luar biasa semacam ini mungkin sering menimpa kita semua, yang menyebabkan kita semua jadi seorang underachiever

apa sih underachiever itu… ???

underachiever itu bisa disimpulin sebagai keadaan mental seseorang yang rusak (mungkin akibat pengalaman buruk, kegagalan di masa lalu) yang menyebabkan ia tidak berani mencoba sesuatu yang sebenarnya dia mampu. dia cenderung berdiam diri di “zona nyaman” yang ia anggap memang seharusnya dia disitu karena kemampuannya memang mentoknya ya disitu…

…..

…..

gitu deh… (aduh… begini nih efek kebanyakan gaul sama Patrick Star… XD haaaaaa….)

ehem…. sebenarnya yang bikin frustrasi adalah ketika ia sebenarnya mau memperbaiki kehidupannya jadi lebih baik, tapi ia tidak tahu gimana caranya…. dan ia selalu takut untuk nyoba hal baru yang mungkin bisa kasih wawasan lebih untuk memperbaiki kehidupannya yang serba stagnan….

jadilah ia seorang underachiever, yakni seorang yang dalam pikirannya selalu serba ga yakin, maunya ngerendahin diri sendiri melulu, pesimis, serba ga yakin, PESIMIS, GA YAKIN SAMA DIRI SENDIRI, PESIMIS, GA YAKIN (silakan diulang-ulang terus–> hanya untuk mereka yang hobi meratapi nasib–>sindiran untuk diri sendiri lagi deh…XD)

Oleh karena itu Saya berjanji pada diri sendiri untuk mulai hari ini melakukan langkah-langkah kecil untuk memperbaiki karakter Saya dari seorang underachiever menjadi seorang fighter…kira-kira dengan cara apa yah? Mungkin bisa dilakukan dengan membuat semacam janji / ikrar tertulis yang kemudian dipajang di segala sudut rumah Anda… supaya kalau lagi down (again) kita bisa langsung inget dan bangkit lagi dari keterpurukan….

contoh punya Saya sih kaya gini:

IKRAR YANG HARUS DITAATI (KHUSUS BAGI MEREKA YANG DESPERATE INGIN MEMPERBAIKI DIRI):

1. Saya akan mengganti KEBIASAAN Saya berkata  “Okelah gue coba deh…” menjadi “GUE BISA KOK, GUE BAKAL USAHA…”

2.  Saya akan mengganti kebiasaan Saya menyalahkan keadaan menjadi menciptakan keadaan ideal Saya sendiri!!!

CONTOH “SELALU MENYALAHKAN KEADAAN”:

“Gue jadi begini gara-gara Ortu gue….gara-gara A,B,C SAMPE Z… Yang jelas keadaan gue semuanya bukan salah gue tapi salah MEREKA”

CONTOH “MANUSIA YANG BERTANGGUNG JAWAB”

“Gue salah karena gue ga mau usaha, usaha gue kurang, gue kurang inisiatif, mulai sekarang gue mau memperbaiki diri, GUE BISA MEMILIH untuk jadi sukses, dan gue bakal berusaha menciptakan keadaan yang memungkinkan gue untuk bisa sukses”

3. Saya akan mengganti kebiasaan Saya dari selalu memikirkan “masalah dan hambatan yang akan timbul”  lalu menyerah, menjadi “menciptakan solusi atas segala kemungkinan hambatan yang mungkin timbul lalu bertindak!!!”

NB: BACA, INGAT-INGAT DAN IMPLEMENTASIKAN SETIAP HARI! TERUTAMA KETIKA HASRAT UNTUK KEMBALI MELANKOLIS KEMBALI MEMANGGIL-MANGGIL DENGAN GANAS!!! BE OPTIMISTIC EVERYDAY!!!

YEAAAAAAAAAHHHHHHHHHH…….!!!!!!!

*)Cetak dan pajang tulisan ini di sudut-sudut / spot-spot strategis yang biasa digunakan untuk meratapi nasib!!! STOP MERATAPI NASIB MULAI DARI SEKARANG!!!

*)DOWN LAGI??? Malu dong ah, masa melanggar janji yang udah dibuat sama diri sendiri….==” SEMANGAAAAATTTTT (LAGI)!!!

————————————————————————————————

Ehem… kira-kira gitu deh salah satu contoh yang efektif buat mengatasi semangat memperbaiki diri yang selalu hilang timbul dibawah tekanan kehidupan…

Ada contoh lain mungkinnn???

*)Btw… daftar ikrar yang udah dibikin harus segera di Print banyak-banyak nih buat ditempel di sudut-sudut kamar…. XD haha…

QUOTE FROM “HWANG JI AN” FROM I DO I DO Korean Drama Series:

“Kalian pernah kan mengalami masa dimana waktu kecil kita takut banget sama yang namanya suntikan, sampai-sampai kita harus diseret untuk disuntik? Padahal ketika kita udah selesai disuntik, tidak terasa sakit, its nothing…”

“Begitu juga dengan masalah… kadang kita terlalu membesar-besarkan rasa sakit yang mungkin akan timbul sehingga kita lebih memilih lari dari masalah ketimbang menghadapinya… Padahal kalau kita sudah melaluinya, semuanya tidak ada apa-apanya”

Kalau kalian takut disuntik, kalian ga akan dapet manfaat imunisasi…

Kalau kalian takut menghadapi masalah, kalian ga akan dapet pelajaran berharga yang mau Tuhan kasih ke kehidupan kalian…

Jadi… lebih baik terobos sana-sini mencoba bertahan dibandingkan lari menghindarinya… setidaknya jangan jadi pengecut deh Nill (kembali mengomeli diri sendiri)… (don’t be chicken out…okay??? ^^)

Semangat terus yah bagi kalian semua yang juga lagi sibuk memperbaiki diri…^0^v,,,, salam sukses selalu….

Tinggalkan Balasan

